Rabu, 24 April 2013

Kawah Putih, Bandung, Jawa Barat


Kawah Putih (www.kicaunusantara.com)


GMATours | Agen Wisata Murah - Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha yang terletak di daerah selatan kota bandung, tidak jauh dari obyek wisata Situ patenggang (5km). Lokasi obyek wisata ini berjarak sekitar 46 kilometer dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan dari pusat kota atau 35 kilometer dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang.

Terdapat dua kawah yaitu Kawah Saat (dalam bahasa sunda, saat berartis urut) yang berada di bagian barat dan Kawah Putih yang berada di bawahnya pada ketinggian 2.194 meter. Kedua kawah tersebut terbentuk akibat letusan yang terjadi sekitar abad X dan XII

Perjalanan menuju lokasi Kawah Putih sangat indah. Di sepanjang jalan, mata dimanjakan dengan pemandangan indah dari perkebunan strawberry yang segar. Selanjutnya kita akan memasuki hutan cagar alam yang ditumbuhi pepohon besar yang rimbun.

Kawah Putih menjadi tujuan wisata alam paling favorit di Kota Bandung. Tak heran jika Kawah Putih sering dijadikan lokasi syuting film Indonesia, beberapa di antaranya film Heart dan The Butterfly. Begitu pula bagi banyak para calon pengantin yang membuat foto pre-wedding dengan latar belakang Kawah Putih yang indah.

Sebelum dibuka untuk umum, masyarakat setempat percaya bahwa Kawah Putih menyimpan misteri dan terkesan angker. Hal ini disebabkan banyaknya burung yang mati saat melintasi Kawah Putih. Tak urung, kejadian ini menarik perhatian seorang ilmuwan Jerman pada tahun 1837, Dr. Franz Wilhelm Junghun. Berdasarkan hasil penelitiannya, terkuak sebuah fakta bahwa banyaknya burung yang mati saat melintasi kawasan tersebut disebabkan adanya semburan lava belerang.

Kandungan belerang yang sangat tinggi di Kawah Putih menarik pemerintah Belanda untuk membangun pabrik belerang bernama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Usaha tersebut dilanjutkan pemerintahan Jepang dengan mengganti namanya menjadi Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey.

Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan yaitu air di danau kawahnya bisa berubah warna seperti hijau apel, kebiru-biruan bila cuaca terang terkena pantulan matahari, cokelat susu. Namun yang paling sering terlihat yaitu airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atasnya.

Obyek wisata danau Kawah Putih di buka pada pukul 07.00 sampai pukul 17.00, setiap harinya. Fasilitas yang tersedia pun sudah memadai dengan adanya area parkir, mushola, transportasi transit, pusat informasi, serta warung makanan.