Selasa, 23 April 2013

Destinasi Terbaik Polandia

Destinasi Terbaik Polandia #1.  Krakow, Polandia

Untuk kota abad pertengahan yang selamat dari Perang Dunia II, Krakow terpelihara dengan sangat baik, sehingga menjadi destinasi menawan bagi wisatawan yang tertarik pada sejarah atau arsitektur. Wisatawan TripAdvisor menyarankan agar Anda menjelajahi jalan-jalan kecil yang cantik di Pusat Sejarah Krakow (Situs Warisan Dunia) dan mengunjungi Main Market Square (Rynek Glowny), salah satu alun-alun terbesar di Eropa.

Destinasi Terbaik Polandia #2.  Warsawa, Polandia

Istana dan taman bertebaran di ibukota Polandia ini. Angkutan umum, seperti bus, metro, trem, dan trem listrik, membuatnya mudah dijelajahi. Lihat kota yang terbentang di hadapan Anda dari Istana Budaya dan Ilmu Pengetahuan yang luar biasa. Kunjungi Istana Kerajaan, lorong batu bergaya Gotik, serta istana barok di Kota Tua, yang dihancurkan oleh pasukan Jerman, namun kini berhasil dipugar seperti aslinya. Pemandangan di kawasan Kota Tua antara lain Monumen Perlawanan yang menyentuh dan taman Krasinski yang cantik. Telusuri Royal Way untuk melihat pemandangan terbaik kota Warsawa.

Destinasi Terbaik Polandia #3.  Gdansk, Polandia

Salah satu kota tercantik di Polandia, Gdansk, yang terletak di Laut Baltik pernah memiliki peran penting dalam sejarah, terutama pada abad ke-20. Kota ini tercatat pada masa-masa genting Perang Dunia II di tahun 1939, lalu menjadi tempat dicetuskannya pergerakan kaum buruh Solidarnosc pada tahun 1980, yang mengawali berakhirnya dominasi Komunis di Eropa Timur. Kawasan kota Tua Gdansk adalah objek wisata yang wajib dikunjungi. Kota ini dibangun kembali dengan cermat untuk mengembalikan kejayaan Liga Hansa terdahulu setelah hancur dalam Perang Dunia II. Balai Kota dari abad ke-14 digunakan sebagai museum sejarah kota ini.

Destinasi Terbaik Polandia #4.  Wroclaw, Polandia

Wroclaw, kota yang anehnya (kecuali bagi orang Polandia) diucapkan sebagai VRAHTS-wahv, adalah kota terbesar keempat di Polandia dan ibukota Viovodship di provinsi Lower Silesia. Kota yang semula (abad pertengahan) dibangun melintasi beberapa pulau ini, masih memiliki banyak jembatan cantik dan arsitektur indah. Karena tidak jauh dari perbatasan Jerman di sebelah tenggara negara tersebut, Wroclaw dikunjungi banyak turis Jerman yang menyebutnya Breslau. Rynek (alun-alun kota), yang dihiasi oleh gedung aneka warna, menjadi salah satu destinasi terpopuler di kota ini.

Destinasi Terbaik Polandia #5. Poznan, Polandia

Poznan dahulu adalah ibukota Polandia dan masih menjadi ibukota wilayah Wielkopolska. Kota ini terbentang di antara Berlin dan Warsawa, yang membuatnya menjadi kota penting selama berabad-abad. Kota yang rusak parah akibat Perang Dunia II ini (terutama kawasan Kota Tuanya) telah dipugar dengan indah. Alun-Alun Kota Tua yang luas (Stary Rynek) adalah salah satu tempat tercantik di Eropa dan dihiasi oleh berbagai objek wisata bersejarah, restoran, serta hiburan malam yang luar biasa. Basilica of Saints Peter and Paul adalah katedral tertua di Polandia.

Destinasi Terbaik Polandia #6. Lodz, Polandia

Lodz, kota terbesar ketiga di Polandia, memiliki peran historis dan global terutama karena kampung Yahudi yang dibangun di sana pada saat Perang Dunia II. Menyusuri jalan-jalan utama yang indah akan membuat Anda mengagumi ketangguhan kota dan warganya. Jelajahi museum seni modern Muzeum Sztuki, yang menyimpan salah satu koleksi terpenting dalam kesenian modern Polandia, atau habiskan siang hari menikmati keseruan di taman hiburan Lunapark.

Destinasi Terbaik Polandia #7.  Zakopane, Polandia

Zakopane, yang hanya berjarak beberapa mil dari perbatasan Slowakia di Polandia tengah selatan, adalah kota resor di Pegunungan Tatra. Di musim dingin, kota ini populer di kalangan para pemain ski dan sepanjang tahun banyak dikunjungi oleh pelintas alam dan pendaki gunung. Pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19, kesenian di kota Zakopane berkembang pesat, namun pusat budaya ini berakhir oleh pengaruh Soviet setelah Perang Dunia II. Kini, kota ini kembali ke masa lampau, lengkap dengan rumah-rumah kayu yang menawan. Pelajari tentang bangunan ini dan banyak hal lainnya di Museum of Zakopane Style.

Destinasi Terbaik Polandia #8.  Torun, Polandia

Kota Torun yang didirikan oleh Ksatria Teutonik pada abad ke-13 ini merupakan tempat kelahiran dan tempat tinggal Copernicus, seorang astronom terkenal. Anda masih dapat melihat reruntuhan kastil, yang kurang lebih masih sama seperti saat dihancurkan oleh warga kota yang berunjuk rasa pada abad pertengahan. Torun adalah salah satu dari sedikit kota di Polandia yang tidak menderita kerusakan parah akibat Perang Dunia II. Kawasan Kota Tuanya yang terpelihara dengan baik menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Jangan lewatkan Balai Kota Tua yang mempesona. Torun juga terkenal akan kue jahenya.

Destinasi Terbaik Polandia #9. Szczecin, Polandia

Szczecin, yang memiliki pelabuhan laut terluas di Polandia, adalah kota terbesar ketujuh di negara tersebut. Kota ini berperan penting dalam kebangkitan antikomunis pada tahun 1970 dan berdirinya serikat dagang Solidaritas pada tahun 1980-an.

Destinasi Terbaik Polandia #10. Sopot, Polandia

Sopot, kota terkecil di antara Trójmiasto (Tri-Cities), adalah kota spa di Laut Baltik yang terhampar di antara Gdansk dan Gdynia, hanya beberapa mil dari kedua kota tersebut. Sebagai tempat peristirahatan kaum jetset dan bangsawan selama berabad-abad, nuansa eksklusif Sopot tetap terasa bahkan di era Komunis, dan kota bergengsi ini telah mengalami pembangunan besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir. Sopot yang memiliki pantai indah dan resor mewah, juga terkenal akan Dermaga Kayu (terpanjang di Eropa), Forest Opera di tengah hutan yang memukau, dan Monte Cassino Street yang ramai.